Tips Meningkatkan Fokus Anak

By Suzanna Juwita - December 24, 2021
Tips Meningkatkan Fokus Anak

Kali ini, saya akan membahas tips-tips aplikatif yang dapat dipraktikkan para orangtua untuk meningkatkan kemampuan fokus anak.


Bagi tugas besar jadi beberapa bagian

Salah satu strategi yang dapat dilakukan untuk melatih kemampuan fokus anak yaitu dengan membagi tugas menjadi beberapa bagian dengan cara menyicil tugas tersebut. Misalnya, saat anak  memiliki PR Matematika sebanyak 20 nomor, orangtua dapat memberikan anak jeda untuk beristirahat selama 5 menit, setiap anak berhasil mengerjakan 5 soal. Anak akan merasa lebih nyaman saat mengerjakan tugas secara menyicil dan membuatnya lebih mudah berkonsentrasi. Hindari mengerjakan tugas dalam jumlah banyak di saat-saat terakhir.


Berikan instruksi secara bertahap

Untuk membantu anak lebih fokus terhadap tugasnya, bantu dan bimbing dia dengan memberikan instruksi secara bertahap. Misalnya, saat orangtua ingin anak membereskan kamarnya, mulailah dengan perintah untuk mengambil mainannya dan memasukkan ke kotak mainan. Selanjutnya minta anak untuk membereskan tempat tidurnya. Untuk anak yang sudah bisa membaca, Ibu atau Ayah juga bisa menuliskan checklist tugas di sebuah kertas dan menempelkannya di dinding sebagai pengingat untuk anak.


Lakukan satu hal dalam satu waktu

Melakukan banyak hal dalam satu waktu sekaligus atau multitasking mungkin merupakan hal biasa bagi orang dewasa. Akan tetapi, multitasking bagi anak, justru dapat mengurangi konsentrasi dan kinerja. Oleh karena itu, ajak anak untuk melakukan satu hal saja dalam satu waktu. Untuk anak yang usianya sudah lebih besar, misalnya sudah kelas 4 sekolah dasar, Anda dapat mengajaknya menyelesaikan soal perkalian bersama-sama. Cukup fokuskan satu hal pada satu waktu


Ciptakan rutinitas

Orangtua dapat meminta anak untuk belajar di waktu yang sama setiap harinya. Ini merupakan salah satu cara melatih fokus anak karena akan membantu anak membangun kebiasaan. Dengan mengulangi kegiatannya secara berulang, maka anak dapat mempersiapkan diri terlebih dahulu sebelum belajar dan mulai mengerjakan tugas. Hindari waktu belajar yang terlalu malam sehingga membuat anak mengantuk. Hindari juga waktu belajar setelah bermain karena kelelahan dan akan sulit konsentrasi atau fokus pada pelajaran.


Bacakan cerita kepada anak

Membacakan cerita dapat menjadi salah satu cara untuk melatih anak fokus pada satu kegiatan di satu waktu. Sediakan buku cerita yang menarik dan sesuai dengan usia anak. Ketertarikan anak ketika pada cerita akan meningkatkan keterampilan mendengarkan dan mendorongnya untuk fokus. Ajukan juga pertanyaan sederhana setiap selesai membacakan cerita untuk memastikan anak mendengarkan dengan cermat. Berikan pertanyaan dengan cara yang menyenangkan dan interaktif.



Recent posts
By Meliora Consulting and Learning Academy - April 4, 2022
By Meliora Consulting and Learning Academy - April 1, 2022
By Meliora Consulting and Learning Academy - March 31, 2022
By Meliora Consulting and Learning Academy - March 30, 2022
By Meliora Consulting and Learning Academy - March 29, 2022
By Meliora Consulting and Learning Academy - March 28, 2022
By Meliora Consulting and Learning Academy - March 25, 2022