Tips Mengenalkan Makanan Sehat Pada Anak

By Suzanna Juwita - November 5, 2021
Tips Mengenalkan Makanan Sehat Pada Anak

Kegiatan makan bukan sekadar kegiatan untuk mengenyangkan perut. Lebih dari itu, makan merupakan upaya untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bagi orang dewasa maupun anak. Di masa tumbuh kembangnya, penting bagi orangtua memastikan kebutuhan gizi anak tercukupi dengan baik.

Salah satunya dengan mengonsumsi makanan sehat yang kaya serat seperti sayuran dan buah-buahan. Namun, tampaknya  mengenalkan makanan sehat kepada anak  menjadi pekerjaan rumah tersendiri bagi orangtua.  Penasaran bagaimana cara mengenalkan makanan sehat kepada Si kecil dan membuat dia menyukainya? Berikut tips yang dapat dipraktikkan:


Mengenalkan beragam jenis makanan kepada anak sejak dini

Idealnya, orangtua perlu mengenalkan beragam makanan kepada anak sejak dini agar anak terbiasa dengan berbagai rasa dan tekstur yang bervariasi dari berbagai jenis makanan seperti daging,  buah dan sayur.


Membuat kreasi menggunakan bahan makanan favorit anak

Salah satu kiat untuk mengajak anak akan menyukai makan-makanan sehat  seperti buah dan sayur yaitu dengan cara membuat kreasi makanan menggunakan bahan makanan yang disukai anak. Misalnya untuk anak yang suka telur maka orangtua dapat mencampurkan sayuran ke dalam omelet atau membuat sendiri kreasi nugget ayam dengan campuran sayuran seperti wortel, brokoli atau bayam di dalamnya atau membuat kreasi salad yang lezat Sementara itu, agar anak belajar makan buah, orangtua juga dapat mengkreasikannya menjadi milkshake, sorbet atau  jelly buah.


Membuat tampilan makanan yang menarik

Orangtua juga dapat menghias  makanan tersebut dengan tampilan yang menarik seperti membuat bekal ala bento dan mencetaknya menjadi bentuk-bentuk yang tertentu misalnya dibuat berbentuk  wajah, ada rambut, mata, hidung dan mulutnya untuk menarik perhatian anak untuk mencobanya.


Makan bersama

Anak-anak merupakan seorang peniru yang ulung. Layaknya sebuah spons, mereka dapat dengan mudah menyerap apa yang mereka lihat, dengar, dan alami, terutama apabila sumbernya berasal dari kedua orangtua sendiri. Oleh karena itu orangtua juga perlu memberi anak teladan dalam hal mengkonsumsi makanan sehat. Saat anak makan maka orangtuanya pun perlu menemaninya makan dengan menu yang sama. Anak-anak tertarik pada menu yang dimakan orang dewasa. 


Membangun persepsi positif terkait makanan

Membangun persepsi positif mengenai aktivitas makan merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk membangun mindset positif terhadap makan tersebut. Beberapa hal yang dapat dilakukan misalnya dengan bercerita tentang makanan, menggunakan tokoh atau karakter menarik, menstimulasi rasa anak lapar. Selain itu, perbanyak kesempatan anak bergaul dengan makanan mulai dari membantu masak, memberikan alat makan yang lucu, atau mengajak anak berbelanja bersama dan minta anak memilih sayur atau buah apa yang ingin dia coba.