Tips Mengatasi Pertengkaran Antara Kakak dan Adik

By Suzanna Juwita - December 10, 2021
Tips Mengatasi Pertengkaran Antara Kakak dan Adik

Bagi orangtua yang memiliki anak lebih dari satu, keributan antar-saudara terkadang tak bisa dihindari. Sebagian besar pemicunya adalah hal-hal sepele, misalnya berebut makanan dan mainan, atau keisengan kakak atau adik. Perselisihan antara kakak beradik merupakan bagian yang kehidupan berkeluarga. Pertengkaran ini dapat menjadi ajang pelajaran bagi anak untuk mengasah keterampilan dalam bersosialisasi, bernegosiasi dan memecahkan masalah dengan orang lain.  Meskipun demikian, orangtua diharapkan untuk tetap harus mengawasi dan mengambil langkah untuk membantu mengatasi pertengkaran itu.agar masalah yang terjadi tidak berkelanjutan. 

Berikut ini  tips mengatasi pertengkaran kakak dan adik yang dapat dipraktikkan oleh orangtua di rumah.

Identifikasi

Identifikasi adalah tahap untuk mengetahui seberapa parah pertengkaran yang terjadi antara kakak dan adik. Apakah hanya sedikit berdebat, mulai ada kontak fisik, teriakan, atau sudah melibatkan kekerasan. Jika adu fisik yang membahayakan sudah terjadi, Anda harus turun tangan. Namun, jika tidak, Anda bisa memberi kakak dan adik waktu untuk menyelesaikan masalah mereka sendiri. Kecuali,  bila pertengkaran terjadi di tempat umum, maka kakak adik harus diajak “menepi” sebentar untuk menyelesaikan masalah. Namun, jika adik masih kecil dan belum mampu berkomunikasi, ajak kakak untuk berdialog. Beri pemahaman bahwa adiknya belum mampu berkomunikasi.


Pisahkan

Saat kedua anak yang betengkar sudah mulai main fisik dan tidak bisa mengontrol diri, dan menjurus ke hal yang berbahaya, orangtua perlu segera memisahkan anak di ruangan yang berbeda. Biarkan mereka berada di ruangan berbeda hingga akhirnya mulai tenang kembali.


Memahami emosi anak

Ajak anak untuk menelaah dan memahami emosi yang dirasakannya akibat konflik yang terjadi. Apakah marah? Sedih? Malu? Lalu ajak anak untuk menamai perasaan tersebut agar ia paham apa yang sedang ia alami dan belajar melepaskan emosi itu.


Ajak anak berdiskusi 

Tunjukkan kepada anak bagaimana cara menyelesaikan masalah secara baik-baik. Pertama, berikan kesempatan pada anak untuk menenangkan diri. Setelah itu, ajak mereka berdiskusi, berikan kesempatan mereka menceritakan masalah yang terjadi. Dengarkan keluhan satu dan yang lainnya, tapi jangan langsung menghakimi. Coba klarifikasi permasalahan dan meminta solusi terbaik dari semua pihak yang terlibat. Jika mereka tidak mempunyai jalan keluarnya, Anda bisa bantu memberikan solusi. Misalnya, mereka berebut video game, buat jadwal permaianan yang adil untuk keduanya.


Jangan membandingkan satu dengan yang lain

Setiap anak itu unik. Bahkan kakak beradik dapat memiliki karakter yang berbeda. Itu sebabnya, hendaknya orangtua tidak membandingkan anak-anaknya dalam segi apa pun. Membandingkan anak dapat menimbulkan rasa cemburu di antara mereka yang dapat menyebabkan pertengkaran. Upayakan untuk memberikan pujian, hadiah, atau pelukan apabila anak-anak sudah bersikap baik. Selain itu, orangtua juga dapat mempelajari karakter dan bahasa kasih masing-masing anak. Dengan mengetahuinya, maka diharapkan orangtua dapat lebih memahami kebutuhan masing-masing anak.

Pertengkaran antara kakak beradik mungkin tidak dapat terelakkan, tetapi bisa diatasi dengan cara yang sehat. Hubungan dengan saudara kandung adalah salah satu hubungan yang paling lama dimiliki selain hubungan dengan orangtua. Memiliki hubungan yang mendalam dan bermakna dengan saudara kandung akan menjadi salah satu dukungan utama saat setiap orang mengalami kesulitan, tantangan, dan perubahan hidup.

 

Recent posts
By Meliora Consulting and Learning Academy - January 18, 2022
By Meliora Consulting and Learning Academy - January 17, 2022
By Suzanna Juwita - January 14, 2022
By Meliora Consulting and Learning Academy - January 13, 2022
By Meliora Consulting and Learning Academy - January 12, 2022
By Meliora Consulting and Learning Academy - January 11, 2022
By Meliora Consulting and Learning Academy - January 10, 2022