Stimulasi Kesiapan Sekolah Anak

By Suzanna Juwita - September 27, 2021
Stimulasi Kesiapan Sekolah Anak

Keluarga sebagai lingkungan utama bagi anak tentunya memegang peranan utama dalam perkembangan seorang anak.  Pengasuhan yang tepat merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan sebagai upaya mendukung anak menumbuhkan berbagai kemampuan, potensi, dan karakter positif dalam diri anak termasuk mempersiapkan anak memasuki lingkungan yang lebih besar yaitu sekolah.

Berikut hal-hal yang dapat dilakukan orangtua untuk mempersiapkan anak, antara lain:

1. Melakukan aktivitas calistung (baca-tulis-hitung) dengan cara yang menyenangkan di rumah. Salah satunya dapat dilakukan dengan cara bermain sambil belajar mengenal huruf dan angka lewat kartu bergambar, meniru bentuk, menghubungkan titik-titik untuk membentuk gambar, dan sebagainya.

2. Mulai membiasakan anak sedikit demi sedikit memiliki jadwal kegiatan yang lebih teratur sehingga kelak akan memudahkan anak untuk beradaptasi dengan jadwal kegiatan belajar.

3. Berikan aturan yang jelas di rumah dan terapkan secara konsisten. Misalnya, makan di meja makan secara mandiri, main gadget hanya sesuai jadwal yang ditentukan, dan sebagainya. 

4. Latih kemandirian anak mulai dari tugas sehari-hari di rumah. Dapat dimulai dengan tugas yang sederhana, misalnya merapikan mainan sendiri, menaruh barang-barangnya sendiri sesuai tempat, dan sebagainya.

5. Ajak dan dampingi anak dalam permainan-permainan yang dapat mendukung perkembangan kemampuan motorik kasar dan motorik halusnya misalnya bermain sepeda, olahraga, bermain puzzle, bermain playdough, mewarnai, melipat origami, dan sebagainya.