Bergaul Versi Introvert

By Arief Liang - September 22, 2021
Bergaul Versi Introvert

Kemampuan bersosialisasi memang hal yang sangat diperlukan untuk sukses di dunia pergaulan, bisnis, atau kehidupan pribadi. Tidak memiliki banyak teman adakalanya membuat kita merasa rendah diri. “Mau berkenalan dan bercakap-cakap rasanya canggung juga ya… Apa yang salah dengan saya?”

Tidak perlu khawatir, Anda tidak sendirian. Perasaan canggung dalam lingkungan sosial memang sangat umum dialami introvert, namun tidak semua introvert mengalaminya. Mungkin Anda merasa tidak mudah bergaul secara luas, seperti seorang ekstrovert. Namun, itu baru dilihat dari kulit luarnya saja.

Bergaul itu bukan hanya berkaitan dengan banyak/sedikitnya teman.

Bergaul juga perlu dilihat dari kualitas relasi antara diri sendiri dengan orang lain.

Berbicara mengenai kualitas, individu introvert cenderung bergaul dengan beberapa orang terdekat yang dianggap dapat dipercaya. Introvert itu tidak sama dengan tertutup. Kenyataannya, mereka dapat bercerita dengan teman-teman terdekatnya. Bukan hanya berbicara mengenai pekerjaan dan kegiatan sehari-hari, mereka dapat pula menceritakan kehidupan pribadi, pemikiran, dan perasaannya.

Apa yang akan terjadi ketika individu introvert sudah membina kepercayaan dengan seseorang?

Kepercayaan merupakan hal yang tidak mudah diberikan kepada banyak orang. Agar dapat percaya, si introvert perlu melihat karakter dan bagaimana seseorang berperilaku. Mereka juga akan bertanya-tanya di dalam diri sendiri, “Dia teman yang baik untuk aku atau bukan ya? Bagaimana ya perasaan saya kalau bergaul dengan dia?” Upaya ini menunjukkan kemampuan introvert untuk mengenali dirinya secara mendalam. Ia memang memperhatikan lingkungan sosial, namun hal-hal yang dipelajari akan dikaitkan dengan pengalaman-pengalaman pribadinya. Ketika ia merasa nyaman dalam relasi dengan seseorang, sangat mungkin mereka akan menjadi sahabat yang sejati.

Tidak jarang lho introvert memiliki teman dari masa anak-anak yang masih bersahabat hingga dewasa. Seorang introvert cenderung menjadikan seseorang bagian dari lingkup pergaulan terdekat ketika rasa percaya dan rasa nyaman sudah ada dalam relasinya. Mereka akan sering menjalin relasi dengan orang tersebut hingga rasa percaya dan nyaman itu semakin kuat. Sangat mungkin bagi mereka menjalin relasi dengan beberapa orang saja dalam jangka waktu yang panjang. 

Seorang introvert bergaul untuk menemukan teman sejati yang dapat dipercaya. Bukan hanya sekadar banyak/sedikitnya teman, melainkan kualitasnya.